Wikipedia Dijahili Pemeras

Rachmatunisa - detikinet
Rabu, 02/09/2015 18:28 WIB









(Getty Images)

London - Ratusan bisnis skala kecil dan sejumlah selebritis Inggris menjadi sasaran serangan blackmail scam yang didalangi 'editor' gadungan di Wikipedia.

Yang menjadi korbannya beragam, mulai dari fotografer pernikahan di Dorset hingga penjual perhiasan mahal di Shoreditch, London Timur. Mereka diperas agar mengirimkan ratusan poundsterling dengan alasan melindungi dan meng-update halaman Wikipedia mengenai bisnis mereka.

Untuk melancarkan aksinya, pelaku scam akan memperkenalkan dirinya sebagai admin atau editor Wikipedia. Untungnya, aksi kejahatan cyber ini langsung diketahui Wikipedia yang langsung memblokir sekitar 381 akun.

Hasil investigasi menemukan bahwa ratusan akun tersebut dikontrol oleh pengguna misterius yang menawarkan perubahan artikel mengenai perusahaan atau individu. Sebagai imbalannya, mereka harus membayar sejumlah uang.

Seperti dilansir The Independent, Rabu (2/9/2015), aksi scam ini terutama menyasar sejumlah perusahaan kecil yang berupaya agar bisa menampilkan artikel mengenai bisnis mereka di Wikipedia.

Mereka sering diberitahu bahwa artikel mereka ditolak mengingat kontennya yang terlalu berbau promosi. Para pelaku scam pun mengambil kesempatan dari situasi ini.

"Pada tahap ini scammer akan meminta bayaran ratusan poundsterling untuk melakukan 're-post' atau 're-surface' artikel yang pernah dikirimkan. Dalam beberapa kasus, korban juga akan diminta membayar secara bulanan untuk 'memproteksi' artikel tersebut," demikian laporan The Independent.

Wikipedia hingga saat ini terus tumbuh dengan jutaan artikel berbagai bahasa. Situs ensiklopedia ionline ini punya lebih dari 250 ribu orang untuk melindungi keaslian konten-konten yang mereka tampilkan.


6 komentar:

Unknown

parah tuh. .

nice info gan

Chaerul Amin Subekti

wah tega ya yang mras good artikel

Abdul Dzikri

Dasar,. Orang jahill, Nice post

Unknown

tu org iri kayanya

Muhammad Ridho

Masih ada juga orang yg begini :v

Unknown

dimana ada ksempatan, disana ada jalan... dilain sisi korban jg patut berterima kasih kpd pemeras, karena denga begitu, wikipedia dapat bercermin... bahwa, idealisme yg selama ini mereka pegang, justru membentuk keadaan yg tidak ideal.. sebagaimana yg dimanfaatkan para pemeras.. heheheehhe

slam kenal, kunjungan perdana :D

Posting Komentar