Hal yang Wajib Diketahui dari Final Fantasy XV

M. Alif Goenawan - detikinet
Senin, 31/08/2015 16:11 WIB


Ajang PAX Prime yang digelar di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada 28-31 Agustus 2015 menjadi momentum bagi Square Enix untuk blak-blakansoal Final Fantasy XV. Di samping memastikan bahwa tak akan mengeluarkan jadwal rilis hingga bulan Maret 2016, publisher raksasa asal Jepang itu juga mengumbar beberapa poin penting terkait konten Final Fantasy XV.

Lalu apa saja yang diumbar Square Enix mengenai game yang melalui tahap pengembangan begitu panjang itu? Berikut seperti diungkap Director Final Fantasy XV, Hajime Tabata, dikutip detikINET dari Gamespot, Senin (31/8/2015).

1. Fantasi yang Fantastis



-. Berbicara Final Fantasy pastinya tidak luput dari yang namanya hal-hal berbau fantastis. Ya, Tabata mengungkap summon baru, yakni Leviathan. Bagi penggemar seri Final Fantasy, pasti sudah tak asing dengan Leviathan. Termasuk ke dalam salah satu summon klasik, Leviathan digambarkan sebagai ular wanita yang hidup di air di sekitar kota Altissia. Leviathan pun disebut sebagai sosok dengan kecerdasan tinggi.

- Masing-masing summon dalam serial Final Fantasy memiliki berbagai julukan. Bila di Final Fantasy VIII dijuluki GF (Guardian Force), maka summon dalam Final Fantasy XV disebut sebagai Eidolons. Eidolons sendiri merupakan makhluk berkekuatan dewa yang terlibat dalam proses penciptaan dunia. Masing-masing Eidolons memiliki tampilan dan kepribadian yang berbeda. Selain itu, Eidolons punya gender berbeda-beda, pria dan wanita.

- Seperti yang diketahui, Final Fantasy XV tak lain merupakan pengembangan dari Final Fantasy Versus XIII. Dan ketika pertama kali diumumkan, Final Fantasy Versus XII disebut menjadi bagian dari kisah mitologi Fabula Nova Crystalis. Kini, dalam pengumuman terbaru, Tabata mengatakan jika Final Fantasy XV tak lagi bagian dari mitologi tersebut. Secara tematis, Final Fantasy XV berbeda dengan Final Fantasy Versus XIII.

- Kosmologi dari Final Fantasy XV dibuat berdasarkan mitologi dari Jepang dengan sedikit peleburan dari religius dari budaya Barat. Sepanjang permainan, Anda akan mengetahui bagaimana dunia diciptakan.

- Sosok wanita yang menjadi logo dari Final Fantasy XV, hasil ciptaan dari seniman bernama Yoshitaka Amano, belum tentu Etro -- dewi kematian yang disebut di dalam trailer awal Final Fantasy Versus XIII. Amano mengatakan bahwa sketsa asli yang ia gambar memang terinspirasi dari sosok Etro.

- Monster yang nantinya gamer jumpai di lapangan tidak semuanya musuh. Game Desainer Tomohiro Hasegawa, mengatakan semua makhluk yang telah ia rancang hanya untuk menunjukkan keberadaan mereka seolah-olah alami, dan tidak semuanya akan menjadi musuh bagi Noctis dan kawan-kawan. Semua makhluk memang dirancang agar terlihat hidup dan berpopulasi. Sebagai tambahan, ketika menghabisi monster, gamer akan menghasilkan barang drop-an yang bisa dipakai untuk memasak dan dikonversi menjadi status buff.

- Final Fantasy XV menghadirkan berbagai macam makhluk baru. Anda pasti bertanya-tanya, ke manakah gerangan monster klasik, seperti Moogles, Tonberries, dan Cactuar? Sebagai pengingat, tagline Final Fantasy XV adalah 'fantasy based on reality'. Hasegawa menyebut, mereka berharap untuk menciptakan makhluk yang serealistis mungkin. Tapi bukan berarti tidak akan muncul di Final Fantasy XV. Baik, Tabata maupun Hasegawa mengaku bakal mempertimbangkan hal ini.


2. Karakter dan Tempat

Hal yang Wajib Diketahui dari Final Fantasy XV
- Di PAX Prime 2015 kemarin, beberapa lokasi baru di Final Fantasy XV telah diungkap. Adapun lokasi yang dimaksud antara lain, Altissia -- terinspirasi dari kota Venesia di Italia - kota yang berada di rentetan pulau mengambang yang berada di tengah-tengah air terjun dan saluran air. Adapula Lestallum, sebuah kota bergaya Cuba yang dibangun di atas kawah besar. Dan yang terakhir adalah Hammerhead, stasiun mekanik tempat dimana Anda bisa menyervis Regalia, mobil Noctis. Tak lupa, tim juga mengungkap lokasi bernama Caem, kota pelabuhan tempat Noctis dan kawan-kawan bisa menemukan kapal.

- Bila mengacu dari beberapa trailer yang telah diputar selama ini, terlihat jelas bahwa antara Noctis dan Luna terlibat jalinan kisah asmara. Pun begitu, kisah mereka bukan tipikal kisah cinta pada umumnya. Luna merupakan sosok karakter dengan kekuatan batin yang luar biasa. Antara Luna dan Noctis saling mempengaruhi satu sama lain.

- Di Final Fantasy XV, gamer berperan aktif dalam mengembangkan hubungan antara Noctis dengan Ignis, Prompto, dan Gladiolus. Kekuatan dari ikatan akan tergantung dari masing-masing karakter melakukan aktivitas bersama-sama, semisal side quest yang terjadi di Episode Duscae 2.0. Pengembangan setiap ikatan akan berpengaruh kepada kombo serangan yang dilancarkan oleh Noctis dan pasangannya.



- Bila di Episode Duscae 2.0, gamer bertemu dengan Cindy, sosok mekanik wanita seksi berambut pirang, maka di Hammerhead nanti akan bertemu dengan sosok mekanik lainnya bernama Cid. Karakter montir ini sudah pasti dikenal oleh gamer karena sosok Cid selama ini kerap muncul di berbagai seri Final Fantasy sebagai mekanik.

- Sebagai bentuk upaya untuk menyeimbangkan pertarungan dalam Final Fantasy XV, maka tim pengembang menambahkan senjata api dan tameng dalam perlengkapan senjata yang dimiliki Noctis. Jadi, nantinya gamer bisa menggunakan senjata api dan tameng bersamaan dengan senjata utama Noctis, Phantom Sword. Senjata bisa didapat selama perjalanan dan untuk jumlahnya sendiri akan cukup signifikan.

3. Mobil

Hal yang Wajib Diketahui dari Final Fantasy XV
- Mobil dalam Final Fantasy XV menjadi sebuah ciri khas tersendiri. Mobil yang bernama Regalia, merupakan wujud manifestasi hubungan Noctis dengan sang ayah.

- Tabata mengatakan bahwa ia ingin pemain menikmati permainan ketika mereka mengendarai Regalia. Ketika berkendara, gamer dapat mengganti sudut pandang. Mereka bisa melihat dalam sudut pandang orang ketiga, melihat pemandangan dengan fokus pada ujung belakang mobil, atau melihat dalam sudut pandang orang pertama. Berkendara bisa diatur manual atau otomatis. Dan ketika berada dalam mode otomatis, gamer bisa otomatis memarkirkan mobilnya di area parkir yang sudah dirancang otomatis.

- Meski tampil dengan desain elegan, namun gamer masih tetap bisa memodifikasi Regalia. Tak hanya modifikasi, Regalia pun membutuhkan service apabila kondisinya rusak. Mengisi bensin adalah hal wajib dilakukan ketika mengendarai Regalian. Apabila habisan bensin maka Noctis dan kawan-kawan akan turun dan mendorong hingga pompa bensin.

- Berbicara alat transportasi, selain Regalia ada pula kapal yang dipakai sebagai alat transportasi antar benua dalam dunia Final Fantasy XV. Tidak seperti Regalia, gamer tidak akan bisa mengendalikan kapal. Pun begitu, ke mana Anda pergi, Regalia akan setia menemani.

0 komentar:

Posting Komentar